Jumat, 18 November 2016

6 tips ampuh hidup hemat ala anak kos



TIPS HIDUP HEMAT
Masalah yang cukup serius yang sering kali dialami oleh anak kos adalah kesulitan dalam mengatur keuangan mereka. Mereka berusaha agar bisa seminimal mungkin dalam melakukan pengeluaran agar dapat mencukupi kebutuhan sehari –hari. Namun, hal tersebut terasa sulit untuk dilakukan. Apalagi ketika mulai mendekati tanggal –tanggal tua ditambah dengan mereka yang tidak mengerti bagaimana cara menghemat yang benar.
            Makan sebagai kebutuhan utama dalam kehidupan sehari –hari  sekaligus menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan dengan baik. Seseorang pasti tidak bisa hidup tanpa makan. Apabila seseorang tidak makan dengan sehat, justru akan merugikan kesehatan yang nantinya akan mengakibatkan pengeluaran yang lebih untuk biaya berobat. Sehingga mengetahui bagaiman cara makan hemat anak kos yang benar, akan sangat berguna dalam mengatur keuangan. Adapun cara mengatur keuangan yang efektif adalah sebagai berikut :
1.         Catat Dan Bukukan Semua Uang Pemasukan Dan Pengeluaran  
Buatlah catatan yang sistematis guna memonitoring semua uang yang masuk dan uang yang keluar. Minimalkan uang pengeluaran dan maksimalkan sebagian besar yang anda sisihkan untuk ditabung. Komitmen serta pengorbanan yang cukup besar pada tahap ini agar rencana ini dapat berhasil.
2.      Buang Pengeluaran Rutin Yang Kurang Diperlukan
Biaya pengeluaran rutin yang kurang memiliki banyak manfaat sebaiknya diminimalisir seminim mungkin. Misalkan membeli makanan ringan. Dengan mengurangi membeli makanan ringan yang sekiranya masih bisa ditahan keinginannya maka akan sedikit mengurangi pengeluaran.
3.      Terapkan Prinsip “Hidup Itu Murah, Yang Mahal Adalah Gaya Hidup”
Kita harus sadar bahwa sebenarnya pengeluaran untuk aktifitas sehari –hari pada saat kuliah sebenarnya tidak banyak. Pengeluaran saku terbesar adalah pada gaya hidup. Kita tidak perlu membeli keperluan yang mahal jika kita dapat menemukan bahan ataupun benda lain yang memiliki fungsi sama namun harganya jauh lebih murah.
4.      Buat Prioritas Kebutuhan Dan Pengeluaran, Bedakan Mana Kebutuhan Dan Mana Keinginan.
Perlu adanya penjadwalan misalnya satu bulan sekali membuat daftar keperluan dalam jangka satu bulan. Pastikan untuk memisahkan antara kebutuhan yang bersifat mendesak dengan kebutuhan yang bersifat sekunder. Kebutuhan sekunder disini banyak sekali macamnya. Misalnya, rekreasi, membeli baju, dan lain sebagainya.
Kebutuhan sekunder dapat digolongkan ke dalam kebutuhan yang bersifat keinginan. Maksudnya, jika kebutuhan sekunder tidak dilaksanakan atau tidak terpenuhi maka tidak akan memberikan dampak yang besar pada keberlangsungan hidup kita. Maka dari itu, jika ingin mengelola keuangan maka perlu menyusun skala prioritas kebutuhan dan dan kewajiban serta menyusun daftar skala kebutuhan sekunder atau keinginan.
5.      Mengajak Iuran Masak Bersama
Melakukan iuran masak bersama dengan anak kos yang lain atau biasa disebut rombongan akan mebantu kita dalam mengatur keuangan. Pengeluaran kita akan terkendali karena pengeluaran ditanggung bersama.
6.      Membawa Beberapa Kebutuhan Pokok Dari Rumah
Membawa beberapa kebutuhan pokok seperti beras, ikan, perlengkapan mandi, dan lain sebagainya. Hal ini dapat mengurangi sebagian pengeluaran dan dapat membantu kita dalam mengatur keuangan.
Itulah beberapa tips atau cara menghemat dan mengatur keuangan yang cukup efektif. Semoga dengan tips tersebut dapat membantu kita belajar me-manage segala sesuatunya dengan baik dan tepat seperti masalah keuangan yang sering dialami anak kos.





By       : jumaidah (dari berbagai sumber)
           

0 komentar:

Posting Komentar